Widget edited by Heroe.Share

menu

Pengembangan Sistem Informasi Penjualan pada Distro secara Online

http://heroe-share.blogspot.com/2014/02/Pengembangan-Sistem-Informasi-Penjualan-pada-suatu-Distro-secara-Online.html
Latar Belakang Masalah, Perkembangan teknologi dibidang informasi mendorong setiap instansi atau perusahaan untuk tetap mengikuti perkembangannya, terutama berkenaan dengan perkembangan teknologi informasi yang ada hubungannya dengan kegiatan perusahaan tersebut. Perkembangan teknologi informasi telah memberikan kon-

tribusi yang cukup berarti dalam meningkatkan kegiatan usaha khususnya dalam hal pengolahan data yang memberi dukungan terhadap pengambilan keputusan-keputusan bisnis serta Perkembangan teknologi informasi telah memberikan kontribusi yang cukup berarti dalam meningkatkan kegiatan pelayanan. Berdasarkan pada uraian diatas pemanfaatan teknologi informasi dalam suatu aktivitas bisnis merupakan hal yang cukup penting.  Begitu pentingnya hampir setiap perusahaan yang serupa menggunakan sistem pelayanan bisinis secara online.

Berkaitan dengan tugas akhir ini penelitian difokuskan pada masalah pemanfaatan tujuan teknologi informasi yang dapat memberi dukungan aktif kelancaran usaha penjualan barang yang dilakukan oleh suatu Distro  yang diberi judul :

Pengembangan Sistem Informasi Penjualan pada suatu Distro secara Online 


=======================================
Silahkan Download Skripsi Teknik Informatika : 
Password : Lihat Password Winrar Disini
=======================================
i s i
BAB I.doc
BAB II.doc
BAB III.doc
BAB IV.doc
BAB V.doc
BAB VI.doc
=======================================

Identifikasi Masalah

Berdasarkan observasi yang dilakukan di suatu Distro terhadap sistem informasi penjualan barang,  dikemukakan hal-hal yang menjadi permasalahan antara lain :
a.  Masih ditemukannya kelemahan dalam penyampaian informasi barang yang terdapat di distro tersebut.
b.  Transaksi penjualan barang masih bersifat manual, dalam artian harus dating ketempat tersebut untuk membeli sesuatu.
c.  Mengikuti sistem informasi global sehingga bukan hanya untuk sarana transaksi tetapi lebih ditekankan pada sarana promosi yang dirasakan masih kurang bagus.

Batasan Masalah

Masalah yang ada dalam sistem informasi penjualan barang suatu distro ini dibatasi pada ruang lingkup seperti :
a.  Data yang diolah hanya data barang dan data Pengguna Sistem Informasi (Pengguna transaksi secara online)
b.  Sistem hanya memberikan informasi  barang yang tersedia dan proses pembelian barang tersebut .
c.  Sistem Informasi yang dibangun tidak menggunakan Topologi jaringan.
d.  Sistem ini tidak membahas mengenai masalah persediaan barang.
e.  Pembayaran transaksi dilakukan secara offline, dimana pembeli melakukan transfer uang secara manual pada rekening yang ditetapkan.

Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dari tugas akhir ini adalah :
a.  Mengembangkan sistem informasi penjualan sebagai salah satu usaha cara meningkatkan penghasilan  distro tersebut.
b.  Mempermudah bagi masyarakat atau dunia luar untuk melakukan transaksi pembelian barang secara langsung
c.  Mengembangkan Pengetahuan Teknologi Informasi Global
d.  Membuat laporan Tugas Akhir dalam rangka menyelesaikan kuliah program sarjana.

Metodologi Penelitian

Adapun metode yang digunakan dalam pembuatan tugas akhir ini adalah :
1.  Metode Penelitian, yaitu :
a.  Observasi
Yaitu merupakan sutau teknik pengumpulan data yang efektif untuk mempelajari sistem, dengan cara mengamati langsung objek penelitian yaitu di suatu distro di kota bandung.
b.  Wawancara
Yaitu sutu teknik pengumpulan data dengan cara tanya jawab langsung mengenai data yang diperlukan dari masalah yang akan diangkat.
c.  Studi Literatur
Yaitu teknik pengumpulan data dengan membaca buku-buku pustaka yang merupakan penunjang dalam memperoleh data untuk melengkapi dalam penyusunan laporan yang berhubungan dengan masalah yang dibahas.
2. Metode Pengembangan Perangkat Lunak
Metode yang digunakan yaitu paradigma Waterfall (Classic Life Cycle), untuk lebih jelasnya tahapan dari paradigma Waterfall ini adalah :
a.  System Engineering (Rekayasa Sistem), merupakan kegiatan untuk menentukan informasi apa yang dibutuhkan oleh sistem atau menentukan kebutuhan-kebutuhan dari sistem yang akan dibuat.
b.  Analisys System (Analisis Sistem), dilakukan untuk memperoleh informasi tentang sistem, menganalisis data – data yang ada dalam sistem yang berhubungan dengan kegiatan pencurian kendaraan bermotor. Informasi yang dikumpulkan terutama mengenai kelebihan dan kekurangan sistem.
c.  Design (Perancangan), merupakan perancangan sistem baru berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan pada tahap sebelumnya dengan cara merancang perangkat lunak diantaranya Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), Data Dictionary (Kamus Data), Struktur File, Struktur Menu,  Merancang input dan rancangan Output.
d.  Coding (Pengkodean), yaitu suatu kegiatan untuk membuat program atau mengimplementasikan hasil rancangan program aplikasi   yang didalamnya memuat pengkonversian data kedalam sistem yang baru dan pengkonversian sistem secara berkala termasuk dalam hal pemeliharaan sistem itu sendiri.
e.  Testing (Pengujian), yaitu kegiatan untuk melakukan pengetasan program yang sudah dibuat, apakah sudah benar atau belum, sudah sesuai atau belum diuji dengan cara manual jika testing sudah benar maka program boleh digunakan.

Sistematika Penulisan

Pada dasarnya, penyusunan sistematika penulisan bertujuan untuk memudahkan para pembaca dalam mengikuti apa yang dipaparkan dalam laporan tugas akhir ini. Sistematika penulisan tugas akhir ini disusun sebagai berikut :
BAB I    PENDAHULUAN
    Dalam bab ini, berisikan gambaran umum penelitian yang dilakukan meliputi latar belakang masalah, identifikasi masalah, tujuan penelitian, batasan masalah, waktu dan tempat penelitian, metodologi penelitian,  dan sistematika penulisan yang merupakan panduan dalam penyusunan landasan teori.
BAB II   LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang teori-teori yang berkaitan dengan isi laporan tugas akhir dan aplikasi web yang dibuat, diantaranya World Wide Web, HTML, Pemrograman dilingkungan web, konsep aplikasi web yang interaktif, bahasa web scripting PHP dan database server MySQL .
BAB III  ANALISIS  SISTEM
Dalam bab ini menganalisa objek penelitian seperti struktur organisasi, membahas tentang batasan sistem, analisis prosedur yang menjelaskan uraian prosedur, Analisis Dokumen, Bagan Alir Dokumen, yang menjelaskan dokumen masukan dan dokumen keluaran. Kelemahan sistem yang berjalan, usulan sistem dan analisis kebutuhan sistem.
BAB IV   PERANCANGAN SISTEM
 Dalam bab ini berisikan rancangan prosedural, Bagan Alir Dokumen baru, Rancangan dokumen masukan maupun keluaran yang baru serta rancangan kodefikasi. Rancangan terperinci yang mencakup diagram konteks dan  data flow diagram (DFD), analisis database yang mencakup entity relationship diagram, perancangan struktur program, perancangan struktur file, perancangan struktur menu, perancangan antar muka yang mencakup masukan dan keluaran.
BAB V    IMPLEMENTASI
Berisikan kaitan antara rancangan sistem  yang dibuat dengan program   yang telah dibuat. Dalam implementasi diuraikan tentang pemilihan bahasa pemrograman yang digunakan, perangkat keras yang diperlukan, pemrograman dan pengetesan program, konversi sistem, pemilihan personil, evaluasi sistem dan pemeliharaan sistem.
BAB VI   KESIMPULAN DAN SARAN
Berisikan tentang kesimpulan dari seluruh pembahasan yang telah dikerjakan dari bab I sampai dengan bab v serta saran–saran yang mengacu pada rancangan  yang telah diusulkan, untuk dikembangkan.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Tolong tulis lah dengan tulisan yang baik dan benar jagan sampai ke SPAM otomatis dan (Jangan Memasukan Link Aktif. Cukup gunakan Name/URL saja).
Jadilah blogger yang profesional yang tidak suka merugikan blogger lain.
Terima Kasih.