Widget edited by Heroe.Share

menu

Langkah Awal Memulai Bisnis Sistem Dropship

http://heroe-share.blogspot.com/2014/02/Langkah-Awal-Memulai-Bisnis-Sistem-Dropship.html
Memulai bisnis sistem dropship yang sederhana, low cost, mudah namun bisa memberikan hasil nyata dan tanpa harus ribet untuk memulainya. Langkah awal memulai bisnis sistem dropship adalah anda harus tahu dulu apa itu sistem dropship, kekurangan dan kelebihanya. Jika anda sudah mengerti, mari kita lanjutkan.

Setelah anda paham dengan sistem dropship, dan ingin membuka toko online dengan sistem dropship, anda harus mencari produk yang tepat untuk anda pasarkan. Dan lakukanlah  :

1.  Riset pasar dan riset produk.

a.   Mulailah mengumpulkan informasi seputar pasar yang Anda ingin masuki. Ingat di internet ini pasarnya sedemikian luas.
b.   Jika Anda asal jual produk tanpa memiliki segmentasi pasar yang jelas, maka bisa saja produk yang Anda jual tidak laku.
c.   Jika Anda memilih market yang tepat, kemungkinan besar, produk Anda akan cepat laku dibeli oleh market online tersebut. Contoh, Anda ingin jualan buku secara online, maka sebelum Anda membuat toko online tersebut, ada baiknya lakukan riset sederhana.
*    Apakah ada market online yang mau membeli buku?
*    Bagaimana dengan competitor yang telah ada?
d.   Jadi sebelum Anda membuat toko online, pastikan ada permintaan untuk produk itu. Baru setelah itu, Anda bisa tentukan untuk membuat toko online.

2.      Mencari Supplier Produk yang akan kita pasarkan

Setelah anda menemukan produk yang tepat yang akan anda pasarkan, berikutnya anda mencari supplier yang bisa kita ajak kerjasama dengan sistem dropship. kalau bisa cari supplier yang dekat rumah jadi bisa dengan mudah  menghubungi supplier & cek stok barang. kalo memutuskan cari supplier online, cari yang bisa dipercaya, cek dulu reputasinya, dan tanyakan banyak hal sebelum memutuskan untuk jadi resellernya. Berhati-hatilah dan jangan langsung percaya. Ada beberapa cara untuk memilih supplier yang terpercaya antara lain :
  • Selidiki kebenaran alamat website/fans page, dan nomor telephone supplier tersebut untuk menghindari penipuan. Perhatikan respon dari pengunjung atau customer mereka di web site/fans page tersebut. 
  • Tanyakan syarat-syarat nya untuk menjadi droppshiper atau reseller, karena masing-masing supplier mempunyai perbedaan sistem. 
  •  Supplier yang berpengalaman dan open untuk dropship dan reseller akan berusaha memberikan yang terbaik untuk kepuasan customer mitra nya, dan mereka biasanya memiliki system management yang sudah tersistem dengan rapih untuk penanganan dropshipper. 
  • Pelajari sistem yang digunakan, untuk pembelian satuan,  lusinan dan grosiran, karena biasanya terdapat beberapa sistem cara pembelian dan harga khusus. 
  •  Cermati layanan mereka, seberapa cepat mereka tanggap terhadap pertanyaan yang anda ajukan,.karena ini berkaitan dengan customer anda. 
  •  Cermati bagaimana product knowledge supplier tersebut untuk memberikan informasi kepada kita terhadap produk yang mereka jual. Seorang supplier harus sangat mengerti tentang produknya dari mana produk/brand itu berasal, dan apa kelebihannya, 
  • Tanyakan kesepakatan di awal dengan jelas tentang retur barang jika barang yang dikirimkan ada kesalahan dari pihak supplier (contoh: salah pengiriman order, barang reject, dll). Bagaimana prosedur nya, bagaimana dengan ongkos kirimnya apakah ada pergantian ongkos kirim untuk customer jika customer sudah mengirimkan produk yang bermasalah tersebut ke supplier dan bagaimana ongkos kirim pergantian produk baru dari supplier ke customer? Adakah kompensasi lainnya yang diberikan oleh supplier karena kelalaiannya tersebut, karena mengingat hal terebut mengganggu kenyamanan customer dan cukup membuang waktu customer harus bolak balik pengiriman. 
  • Tanyakan dengan jelas di awal tentang penanganan kemungkinan yang terjadi jika pihak ekspedisi pengiriman melakukan kesalahan dengan menghilangkan paket kiriman, bagaimana respon dari supplier menangani kasus seperti itu.Langkah terakhir, tidak ada salahnya jika anda mencoba membeli produk tersebut untuk diri sendiri, test dropship ke alamat anda sendiri.

3.  Membangun Toko Online Anda

Setelah mendapatkan produk dan suppliernya, saatnya anda mulai membangun toko online anda sendiri. Baik menggunakan layanan sosial media seperti facebook, twitter, atau membuat website gratis seperti blogger,wordpress dan masih banyak lagi.

Sistem dropship ini adalah cara kita memulai usaha online yang tujuan akhirnya kita bisa menjual produk sendiri. Tapi jangan terburu-buru pahami kondisi kita dengan benar, jangan terbawa nafsu.

Demikialah penjelasan singkat tentang langkahawal memulai bisnis sistem dropship. Natikan juga artikel saya yang selanjutnya.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Tolong tulis lah dengan tulisan yang baik dan benar jagan sampai ke SPAM otomatis dan (Jangan Memasukan Link Aktif. Cukup gunakan Name/URL saja).
Jadilah blogger yang profesional yang tidak suka merugikan blogger lain.
Terima Kasih.