Widget edited by Heroe.Share

menu

Pembuatan Perangkat Lunak Penjualan Barang Elektronik

Abstrak, Perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah banyak mengalami kemajuan. Hal ini juga diikuti dengan perkembangan bisnis penjualan. Perkembangan bisnis penjualan tersebut berdampak langsung pada peningkatan arus transaksi yang dilakukan perusahaan. Kecepatan dalam pelayanan menjadi salah satu kebutuhan utama untuk mencapai tujuan perusahaan.
Aplikasi penjualan merupakan salah satu pilihan yang diharapan dapat membantu proses transaksi penjualan secara tunai. Aplikasi penjualan ini dapat digunakan oleh usaha retail khususnya barang elektronik.

Keunggulan aplikasi ini memiliki tampilan yang user friendly dan mudah digunakan, handal dalam menangani transaksi dan biaya pengadaannya tidak terlalu mahal karena tidak menuntut spesifikasi komputer yang terlalu tinggi. 

===========================================
Silahkan Download Skripsi Teknik Informatika :
Download By Ziddu (Winrar 614Kb)
Password : heroe-share.blogspot.com
===========================================
i s i
ABSTRAKSI.doc
BAB I.doc
BAB II.doc
BAB III.doc
BAB IV.doc
BAB V.doc
Daftar Gambar.doc
Daftar Isi.doc
Daftar Pustaka.doc
Lembar Pengesahan.doc
===========================================
Cuplikan BAB I Pendahuluan :

1.1 Latar Belakang Masalah


Perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah banyak mengalami kemajuan. hal ini juga diikuti dengan perkembangan bisnis penjualan. Perkembangan bisnis penjualan tersebut berdampak langsung pada peningkatan arus transaksi yang dilakukan perusahaan. Kecepatan dalam pelayanan menjadi salah satu kebutuhan utama untuk mencapai tujuan perusahaan.


Mengingat arus transaksi yang semakin padat, sedangkan kecepatan dalam pelayanan adalah faktor yang utama, maka pencatatan transaksi secara manual tentu kurang dapat diandalkan. Kendala yang dihadapi dengan menggunakan pencatatan transaksi secara manual, yang pertama adalah waktu. Pencatatan transaksi secara manual membutuhkan waktu yang lama. Sedangkan yang kedua adalah tingkat akurasi atau ketelitian. Tidak dapat dipungkiri, pencatatan transaksi secara manual rentan terhadap human error atau kesalahan manusia. Dan untuk mengatasinya, perusahaan biasanya membuat suatu cara kerja atau model pencatatan tertentu.


     Oleh karena itu, dibutuhkan suatu perangkat lunak yang menggantikan pencatatan transaksi secara manual. Perangkat lunak tersebut diharapkan dapat lebih menyingkat waktu dibandingkan pencatatan transaksi secara manual. Di samping itu, perangkat lunak penjualan ini juga diharapkan meningkatkan ketelitian dan meminimalisasi human error atau kesalahan manusia.

Berdasarkan uraian di atas penulis mengambil judul: 

PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK PENJUALAN BARANG ELEKTRONIK

1.2 Identifikasi dan Batasan Masalah 

Penulis mengidetifikasikan masalah yang ada adalah sebagai berikut : 
Bagaimana membuat perangkat lunak yang menangani penjualan barang elektronik? Hal – hal yang menjadi batasan dalam penelitian yang akan dikemukakan oleh penulis adalah sebagai berikut :
1. Hanya menguraikan transaksi – transaksi penjualan barang elektronik rumah tangga secara tunai.
2. Program ini dibuat hanya sebagai aplikasi stand alone, bukan jaringan.

3. Informasi yang dihasilkan hanya berupa laporan penjualan dan daftar barang.


1.3  Maksud dan Tujuan


Maksud dari pembuatan perangkat lunak ini adalah agar berguna dalam segi bisnis dan pengembangan ilmu komputer.

Tujuan dari pembuatan program ini adalah menciptakan suatu solusi yang dapat memudahkan pencatatan transaksi penjualan yang terkomputerisasi.



1.4 Kegunaan


Adapun kegunaan penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah sebagai berikut :
1.  Di Bidang keilmuan
  • Bagi penulis
  • Penulis dapat memperdalam penguasaan Microsoft Access yang telah didapat di bangku kuliah.

2.  Bagi peneliti/programmer selanjutnya

Peneliti lain dapat menjadikan hasil perancangan yang penulis lakukan sebagai bahan referensi atau mengembangkan judul yang relevan.

3.   Di bidang praktisi 
  Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat memberikan alternatif bagi perusahaan retail untuk memperbaiki pencatatan yang manual menjadi terkomputerisasi.



1.5  Metode Pendekatan


Metode yang digunakan

1.    Metode Penelitian

Dalam penelitian yang penulis lakukan ini, penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan memaparkan/menjelaskan secara jelas dan sistematis mengenai langkah-langkah perancangan perangkat lunak.

2.    Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yaitu dengan studi pustaka, mempelajari dan menelaah buku – buku yang menunjang dengan judul yang penulis ambil. Adapun buku – buku dipelajari oleh penulis yaitu yang tercantum di dalam daftar pustaka.


1.6  Sistematika Penulisan


Untuk memberikan gambaran isi laporan ini, penulis akan menguraikan susunan laporan secara garis besar yang terdiri dari lima bab, dimana setiap babnya akan dibagi menjadi beberapa sub bab. Sistematika penulisan ini dibuat tersusun dengan tujuan agar mudah dipahami oleh semua pihak. Adapun susunannya sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN

Pendahuluan berisi tentang latar belakang, identifikasi masalah yang dihadapi, batasan masalah, maksud dan tujuan pembuatan aplikasi, kegunaan pembuatan aplikasi, dan sistematika penulisan

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Bab ini berisi landasan teori yang relevan dengan judul dan faktor-faktor dasar yang mendukung penyelesaian masalah.

BAB III CARA KERJA PERANGKAT LUNAK

Pada bab ini memaparkan tentang  cara kerja perangkat lunak transaksi penjualan barang elektronik.

BAB IV IMPLEMENTASI 
Pada bab ini berisi pembuatan perangkat lunak  penjualan, kode-kode program, perancangan form dan laporan yang terlibat.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

Dalam bab ini penulis menyimpulkan mengenai pembuatan perangkat lunak yang telah dilakukan serta memberikan saran yang mungkin dijadikan sebagai bahan pertimbangan.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Tolong tulis lah dengan tulisan yang baik dan benar jagan sampai ke SPAM otomatis dan (Jangan Memasukan Link Aktif. Cukup gunakan Name/URL saja).
Jadilah blogger yang profesional yang tidak suka merugikan blogger lain.
Terima Kasih.