Widget edited by Heroe.Share

menu

Pembangunan Sistem Pakar Pada Perangkat Mobile Dengan WML dan PHP

Pembangunan Sistem Pakar Pada Perangkat Mobile Dengan WML dan PHPAbstrak, Pada saat ini penggunaan teknologi perangkat mobile telah berkembang pesat dan memasyarakat. Sebagian besar masyarakat menggunakannya tidak hanya untuk kepentingan berkomunikasi saja, tetapi juga untuk mendapatkan informasi secara cepat dan efesien dengan aplikasi berorientasi internet melalui teknologi WAP.
Perkembangan teknologi Kecerdasan Buatan yang terjadi telah memungkinkan Sistem Pakar untuk diaplikasikan penggunaannya dalam perangkat mobile dengan WML dan PHP. Salah satunya dalam pemberian informasi mengenai berbagai masalah otomotif, terutama masalah kerusakan mesin mobil. Metode sistem pakar yang digunakan adalah forward dan backward chainning dengan pembuatan tree dari data-data penunjang.

Dengan fasilitas yang diberikan untuk user dan administrator, memungkinkan baik user maupun admnistrator untuk menggunakan sistem ini sesuai kebutuhan masing-masing. User diberi kemudahan dalam mengetahui informasi berbagai macam kerusakan mesin dengan penyebab gangguannya, informasi bengkel di beberapa daerah serta konsultasi layaknya seseorang mekanik melalui beberapa pertanyaan yang harus dijawab user untuk mengetahui hasil diagnosanya. Sedangkan administrator dimudahkan dalam memanajemen sistem, baik proses tambah, hapus maupun update data terbaru.Tugas akhir ini diharapkan mampu memberikan informasi segala hal yang berhubungan dengan masalah kerusakan mesin mobil secara timbal balik antar user dan sistem tetapi tetap optimal meskin dalam small device.


Kata kunci : perangkat mobile, sistem pakar, forward dan backward chaining, WAP.
===================================
Silahkan Download Skripsi Teknik Informatika :
Download By Ziddu (Winrar 2.75 Mb)
Password : heroe-share.blogspot.com
===================================
i s i
ABSTRAKS.doc
BAB I.doc
BAB II.doc
BAB III.doc
BAB IV.doc
Daftar Gambar.doc
Daftar Isi.doc
Daftar Pustaka.doc
Daftar Singkatan.doc
Kata Pengantar.doc
Lampiran.doc
Cover.doc
Proposal.doc
Dll
===================================

Latar Belakang Masalah
Dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin pesat, berpengaruh pula perkembangan perangkat mobile saat ini, sehingga perangkat mobile semakin memasyarakat. Perkembangan ini sangatlah membantu dalam menyajikan informasi yang cepat dan efisien dengan pengaksesan internet melalui perangkat mobile tersebut. Meski perangkat mobile merupakan small device dengan layar penyajian yang sangat terbatas, tetapi penyajiannya tidak kalah optimalnya layaknya informasi yang diakses melalui personal computer, tergantung bagaimana penyajiannya.
Sistem Pakar adalah salah satu bagian dari Kecerdasan Buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukkan oleh satu banyak pakar ke dalam suatu area pengetahuan tertentu sehingga setiap orang dapat menggunakannya untuk memecahkan berbagai masalah yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah permasalahan pada kinerja mesin Panther.
Kerusakan pada mesin mobil terjadi akibat kelalaian dalam melakukan perawatan. Pemilik mobil baru menyadari kerusakan setelah mobil tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu dalam penggunaan mobil kemungkinan besar membutuhkan perawatan berkala., hal inilah yang mendorong pembangunan sistem pakar untuk mengidentifikasi kerusakan mesin mobil.
Penyampaian informasi pun dilakukan menggunakan perangkat mobile dengan meminta request dari user. Request tersebut akan diproses dalam sistem kemudian hasilnya akan dikirim lagi ke user dengan ditampilkan pada layar perangkat mobile. Diharapkan sistem ini mampu memberikan informasi yang optimal dari timbal balik user dan sistem.
Gambaran di atas menjadi suatu pertimbangan bagi penulis untuk membuat judul : 

Pembangunan Sistem Pakar Pada Perangkat Mobile Dengan WML dan PHP Untuk Menemukan Penyebab Kerusakan Mesin Mobil Panther


Perumusan Masalah

Berdasar latar belakang masalah diatas, maka penulis akan merumuskan masalah yang ada agar tidak terjadi kerancuan. Adapun perumusan masalah yang akan dibahas adalah :
 “Bagaimana membuat suatu program sistem pakar untuk menemukan penyebab kerusakan mesin mobil Panther dengan menggunkan bahasa pemrograman PHP dan WML sehingga pengguna dapat mengetahui kerusakan mobil dengan petunjuk yang di berikan oleh program aplikasi sistem pakar ini”.

Batasan Masalah

       Dalam penyusunan Skripsi agar menjadi sistematis dan mudah dimengerti, maka akan diterapkan beberapa batasan masalah. Selain itu maksud dari pembatasan masalah adalah karena keterbatasan waktu dalam melakukan penelitian dan pengumpulan data secara terperinci. Batasan masalah juga akan memudahkan penyusunan laporan yang sistematis agar mudah dipahami oleh pembaca.
Batasan-batasan masalah antara lain :
1.  Spesikasi dan data utama penunjang untuk mendiagnosis kerusakan menggunakan model mesin 4JA1, tipe mesin empat langkah, tipe ruang bakar direct injection, tipe bahan bakar yang digunakan SAE No. 2 diesel fuel dan sistem bahan bakar pompa injeksi distributor.
2.  Pembangunan sistem pakar menggunakan tree dengan metode inferensi forward dan backward chaining dan menggunakan bahasa pemrograman WML dan PHP karena dapat berjalan hampir di semua web server pada beberapa sistem operasi.
3.  Objek penelitian dilakukan di dealer Isuzu yaitu PT. Karya Zirang Utama yang bertempat di  Jl. A. Yani No. 166 Semarang.

Tujuan dan Manfaat Penyusunan Tugas Akhir

Tujuan
Adapun yang menjadi tujuan penulisan dalam penyusunan Skripsi adalah sebagai berikut : Sistem Pakar dibangun untuk menemukan penyebab kerusakan mesin mobil berbasiskan WAP adalah agar pengguna dapat mengetahui penyebab kerusakan mesin mobil dengan memanfaatkan fasilitas WAP pada ponsel sebelum mobil dibawa ke bengkel.
Manfaat
Sedangkan  manfaat penyusunan Skripsi ini adalah sebagai berikut :
1.  Bagi Penulis
   Menambah motivasi dan inspirasi untuk mengembangkan software-software yang lebih baik,efektif dan efisien.
2.  Bagi Akademis
   Sebagai masukan positif dalam proses belajar mengajar dan menunjang peningkatan pengetahuan mahasiswa angkatan selanjutnya dengan tujuan memantau perkembangan mutu akademik, serta menambah perbendaharaan literatur bagi perpustakaan UNAKI Semarang.

Metode Penelitian

Dalam menyusun penelitian skripsi, penulis membutuhkan data-data yang berhubungan dengan tema yang akan dikupas oleh penulis, yaitu mengenai konsep dan teori dasar sistem pakar serta pengembangan program WAP. Dalam hal ini tentunya penulis membutuhkan data-data mengenai kendala-kendala, keuntungan serta  kekurangan yang mempengaruhi sistem kerja di lapangan. Data-data diklarifikasikan dalam dua bagian (Sarwono, Jonathan dan Hary Lubis, 2007) yaitu :
·           Pengambilan Sampel Data
Data Primer
Data primer merupakan data yang dikumpulkan oleh orang atau perseorangan secara langsung dari sumbernya. Contoh pengambilan data berupa teks hasil wawancara yang diperoleh melalui wawancara dengan informan yang dijadikan sampel penelitian. Data dapat direkam atau dicatat oleh peneliti.

Data sekunder
Data sekunder merupakan data yang tidak diperoleh secara langsung dari objek peneltian. Contoh pengambilan data berupa data-data yang sudah tersedia dan dapat diperoleh peneliti dengan cara membaca, melihat atau mendengarkan. Termasuk dalam kategori data ini ialah: data bentuk teks(dokumen, surat-surat), bentuk gambar(foto,animasi), bentuk suara (hasil rekaman kaset) dan kombinasi teks, gambar dan suara(film, video).

·           Metode Dokumentasi
Yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan cara menggunakan arsip atau naskah-naskah tertulis.
·           Studi Pustaka
Merupakan teknik pengumpulan data dengan cara mencari referensi-referensi dari buku-buku atau literature yang membahas mengenai objek yang akan diteliti.
Desain Aplikasi
Bertujuan untuk mendesain sistem aplikasi yang akan dirancang dan agar dapat mengidentifikasi komponen-komponen sistem informasi yang akan di desain secara rinci. Tahap ini dilakukan setelah tahap analisis sistem selesai dilaksanakan, karena hasil desain terinci akan percuma sia-sia bila tidak seseuai dengan apa yang diinginkan. Desain aplikasi ini meliputi flowchart atau teknik lain seperti sketsa dan lain-lain dalam mendukung desain sistem.

Implementasi
Setelah sistem dianalisis dan didesain secara rinci dan teknologi telah di seleksi dan di pilih, tahap implementasi sistem merupakan tahap meletakkan sistem supaya siap untuk di operasikan. Tahap ini termasuk juga kegiatan pembuatan aplikasi program. Tahap implementasi sendiri dibagi dalam tiga tahap yaitu :
1.  Menerapkan rencana implementasi
2.  Melakukan kegiatan implementasi
3.  Tindak lanjut implementasi

Ujicoba
Ujicoba sistem dilakukan untuk mencari kesalahan atau kekurangan dari program atau aplikasi yang dibuat agar dapat dicapai tujuan yang diinginkan dan ujicoba ini dapat langsung diaplikasikan dilapangan.

Sistematika Penulisan

Agar lebih jelas dan mudah untuk dimengerti, maka penulis akan memberikan rangkuman dari pembuatan tugas akhir ini untuk memberikan gambaran-gambaran pokok sebagai berikut :
BAB  I.PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan secara umum mengenai latar belakang masalah, permasalahan dengan batasan-batasan masalah yang digunakan, tujuan, metode serta pembahasan tugas akhir ini.
BAB  II.LANDASAN TEORI
Bab ini berisi dasar-dasar teoritis kecerdasan buatan dan   sistem pakar untuk melandasi pemecahan masalah serta teori-teori  sehubungan dengan Wireless Aplication
Protocol (WAP) sebagai teknologi yang digunakan dalam pembuatan tugas akhir ini.
BAB III.PERANCANGAN DAN PEMBUATAN  PERANGKAT LUNAK
Bab ini membahas tentang perancangan umum maupun uraian lebih lanjut mengenai perancangan sistem dalam pembuatan perangkat lunak. Uraian perancangan sistem ini meliputi perancangan data mengenai data input dan output sistem, perancangan proses mengenai bagaimana sistem akan bekerja dengan proses-proses tertentu, maupun perancangan antar muka dalam desain dan implementasi yang akan digunakan dalam pembuatan tugas akhir ini.
BAB IV.PENGUJIAN DAN ANALISA
Bab ini menjelaskan tentang pengujian sistem secara umum maupun terperinci. Pengujian sistem secara umum akan membahas mengenai lingkungan uji coba untuk mengunakan sistem ini. Selanjutnya secara lebih terperinci dijelaskan dalam pengujian baik user umum maupun admin, beserta langkah-langkah dalam uji coba tersebut,
kemudian dianalisa kembali apakah telah sesuai dengan tujuan pembuatan pada bab I.
BAB V. PENUTUP
                   Bab ini berisi kesimpulan
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Tolong tulis lah dengan tulisan yang baik dan benar jagan sampai ke SPAM otomatis dan (Jangan Memasukan Link Aktif. Cukup gunakan Name/URL saja).
Jadilah blogger yang profesional yang tidak suka merugikan blogger lain.
Terima Kasih.