Abstrak, Pada saat ini penggunaan teknologi
perangkat mobile telah berkembang pesat dan memasyarakat. Sebagian besar
masyarakat menggunakannya tidak hanya untuk kepentingan berkomunikasi saja, tetapi juga untuk
mendapatkan informasi secara cepat dan efesien dengan aplikasi berorientasi
internet melalui teknologi WAP.
Perkembangan teknologi Kecerdasan Buatan
yang terjadi telah memungkinkan Sistem Pakar untuk diaplikasikan penggunaannya
dalam perangkat mobile dengan WML dan PHP. Salah satunya dalam pemberian
informasi mengenai berbagai masalah otomotif, terutama masalah kerusakan mesin
mobil. Metode sistem pakar yang digunakan adalah forward dan backward chainning
dengan pembuatan tree dari data-data penunjang.
Dengan fasilitas yang diberikan untuk user
dan administrator, memungkinkan baik user maupun admnistrator untuk menggunakan
sistem ini sesuai kebutuhan masing-masing. User diberi kemudahan dalam
mengetahui informasi berbagai macam kerusakan mesin dengan penyebab
gangguannya, informasi bengkel di beberapa daerah serta konsultasi layaknya
seseorang mekanik melalui beberapa pertanyaan yang harus dijawab user untuk
mengetahui hasil diagnosanya. Sedangkan administrator dimudahkan dalam
memanajemen sistem, baik proses tambah, hapus maupun update data terbaru.Tugas
akhir ini diharapkan mampu memberikan informasi segala hal yang berhubungan
dengan masalah kerusakan mesin mobil secara timbal balik antar user dan sistem
tetapi tetap optimal meskin dalam small device.
Kata kunci : perangkat mobile, sistem pakar, forward dan
backward chaining, WAP.
===================================
Silahkan Download Skripsi Teknik Informatika :
Download By Ziddu (Winrar 2.75 Mb)Password : heroe-share.blogspot.com
===================================
i s i :
ABSTRAKS.doc
BAB I.doc
BAB II.doc
BAB III.doc
BAB IV.doc
Daftar Gambar.doc
Daftar Isi.doc
Daftar Pustaka.doc
Daftar Singkatan.doc
Kata Pengantar.doc
Lampiran.doc
Cover.doc
Proposal.doc
Dll
===================================
Latar Belakang Masalah
Dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin
pesat, berpengaruh pula perkembangan perangkat mobile saat ini, sehingga
perangkat mobile semakin memasyarakat. Perkembangan ini sangatlah membantu
dalam menyajikan informasi yang cepat dan efisien dengan pengaksesan internet
melalui perangkat mobile tersebut. Meski perangkat mobile merupakan small
device dengan layar penyajian yang sangat terbatas, tetapi penyajiannya tidak
kalah optimalnya layaknya informasi yang diakses melalui personal computer,
tergantung bagaimana penyajiannya.
Sistem Pakar adalah salah satu bagian dari
Kecerdasan Buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukkan
oleh satu banyak pakar ke dalam suatu area pengetahuan tertentu sehingga setiap
orang dapat menggunakannya untuk memecahkan berbagai masalah yang bersifat spesifik
dalam hal ini adalah permasalahan pada kinerja mesin Panther.
Kerusakan pada mesin mobil terjadi akibat
kelalaian dalam melakukan perawatan. Pemilik mobil baru menyadari kerusakan
setelah mobil tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu
dalam penggunaan mobil kemungkinan besar membutuhkan perawatan berkala., hal
inilah yang mendorong pembangunan sistem pakar untuk mengidentifikasi kerusakan
mesin mobil.
Penyampaian informasi pun dilakukan
menggunakan perangkat mobile dengan meminta request dari user. Request tersebut
akan diproses dalam sistem kemudian hasilnya akan dikirim lagi ke user dengan
ditampilkan pada layar perangkat mobile. Diharapkan sistem ini mampu memberikan
informasi yang optimal dari timbal balik user dan sistem.
Gambaran di atas menjadi suatu pertimbangan
bagi penulis untuk membuat judul :
Pembangunan Sistem Pakar Pada Perangkat Mobile Dengan WML dan PHP Untuk Menemukan Penyebab Kerusakan Mesin Mobil Panther
Perumusan Masalah
Berdasar latar
belakang masalah diatas, maka penulis akan merumuskan masalah yang ada agar
tidak terjadi kerancuan. Adapun perumusan masalah yang akan dibahas adalah :
“Bagaimana membuat suatu program sistem pakar
untuk menemukan penyebab kerusakan mesin mobil Panther dengan menggunkan bahasa
pemrograman PHP dan WML sehingga pengguna dapat mengetahui kerusakan mobil
dengan petunjuk yang di berikan oleh program aplikasi sistem pakar ini”.
Batasan Masalah
Dalam penyusunan
Skripsi agar menjadi sistematis dan mudah dimengerti, maka akan diterapkan
beberapa batasan masalah. Selain itu maksud dari pembatasan masalah adalah
karena keterbatasan waktu dalam melakukan penelitian dan pengumpulan data
secara terperinci. Batasan masalah juga akan memudahkan penyusunan laporan yang
sistematis agar mudah dipahami oleh pembaca.
Batasan-batasan masalah antara lain :
1.
Spesikasi dan data utama penunjang untuk mendiagnosis
kerusakan menggunakan model mesin 4JA1, tipe mesin empat langkah, tipe ruang
bakar direct injection, tipe bahan bakar yang digunakan SAE No. 2 diesel
fuel dan sistem bahan bakar pompa injeksi distributor.
2.
Pembangunan sistem pakar menggunakan tree dengan metode
inferensi forward dan backward chaining dan menggunakan bahasa pemrograman WML
dan PHP karena dapat berjalan hampir di semua web server pada beberapa sistem
operasi.
3. Objek penelitian
dilakukan di dealer Isuzu yaitu PT. Karya Zirang Utama yang bertempat di Jl. A. Yani No. 166 Semarang.
Tujuan dan Manfaat Penyusunan Tugas Akhir
Tujuan
Adapun
yang menjadi tujuan penulisan dalam penyusunan Skripsi adalah sebagai berikut :
Sistem Pakar dibangun untuk menemukan penyebab kerusakan mesin mobil
berbasiskan WAP adalah agar pengguna dapat mengetahui penyebab kerusakan mesin
mobil dengan memanfaatkan fasilitas WAP pada ponsel sebelum mobil dibawa ke
bengkel.
Manfaat
Sedangkan manfaat penyusunan Skripsi ini adalah sebagai
berikut :
1.
Bagi Penulis
Menambah motivasi dan inspirasi untuk mengembangkan
software-software yang lebih baik,efektif dan efisien.
2.
Bagi Akademis
Sebagai masukan positif dalam proses belajar mengajar dan
menunjang peningkatan pengetahuan mahasiswa angkatan selanjutnya dengan tujuan
memantau perkembangan mutu akademik, serta menambah perbendaharaan literatur
bagi perpustakaan UNAKI Semarang.
Metode Penelitian
Dalam menyusun penelitian skripsi, penulis
membutuhkan data-data yang berhubungan dengan tema yang akan dikupas oleh
penulis, yaitu mengenai konsep dan teori dasar sistem pakar serta pengembangan
program WAP. Dalam hal ini tentunya penulis membutuhkan data-data mengenai
kendala-kendala, keuntungan serta
kekurangan yang mempengaruhi sistem kerja di lapangan. Data-data
diklarifikasikan dalam dua bagian (Sarwono, Jonathan dan Hary Lubis, 2007)
yaitu :
·
Pengambilan
Sampel Data
Data Primer
Data primer merupakan data yang dikumpulkan
oleh orang atau perseorangan secara langsung dari sumbernya. Contoh pengambilan
data berupa teks hasil wawancara yang diperoleh melalui wawancara dengan
informan yang dijadikan sampel penelitian. Data dapat direkam atau dicatat oleh
peneliti.
Data sekunder
Data sekunder merupakan data yang tidak
diperoleh secara langsung dari objek peneltian. Contoh pengambilan data berupa
data-data yang sudah tersedia dan dapat diperoleh peneliti dengan cara membaca,
melihat atau mendengarkan. Termasuk dalam kategori data ini ialah: data bentuk
teks(dokumen, surat-surat), bentuk gambar(foto,animasi), bentuk suara (hasil
rekaman kaset) dan kombinasi teks, gambar dan suara(film, video).
·
Metode
Dokumentasi
Yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan
cara menggunakan arsip atau naskah-naskah tertulis.
·
Studi
Pustaka
Merupakan teknik pengumpulan data dengan cara
mencari referensi-referensi dari buku-buku atau literature yang membahas
mengenai objek yang akan diteliti.
Desain Aplikasi
Bertujuan untuk mendesain sistem aplikasi yang
akan dirancang dan agar dapat mengidentifikasi komponen-komponen sistem
informasi yang akan di desain secara rinci. Tahap ini dilakukan setelah tahap
analisis sistem selesai dilaksanakan, karena hasil desain terinci akan percuma
sia-sia bila tidak seseuai dengan apa yang diinginkan. Desain aplikasi ini
meliputi flowchart atau teknik lain seperti sketsa dan lain-lain dalam
mendukung desain sistem.
Implementasi
Setelah sistem dianalisis dan didesain secara
rinci dan teknologi telah di seleksi dan di pilih, tahap implementasi sistem
merupakan tahap meletakkan sistem supaya siap untuk di operasikan. Tahap ini
termasuk juga kegiatan pembuatan aplikasi program. Tahap implementasi sendiri
dibagi dalam tiga tahap yaitu :
1. Menerapkan rencana implementasi
2. Melakukan kegiatan implementasi
3. Tindak lanjut implementasi
Ujicoba
Ujicoba sistem dilakukan untuk mencari
kesalahan atau kekurangan dari program atau aplikasi yang dibuat agar dapat
dicapai tujuan yang diinginkan dan ujicoba ini dapat langsung diaplikasikan
dilapangan.
Sistematika Penulisan
Agar lebih jelas dan mudah untuk dimengerti, maka penulis akan memberikan
rangkuman dari pembuatan tugas akhir ini untuk memberikan gambaran-gambaran
pokok sebagai berikut :
BAB I.PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan secara umum mengenai latar belakang masalah,
permasalahan dengan batasan-batasan masalah yang digunakan, tujuan, metode
serta pembahasan tugas akhir ini.
BAB II.LANDASAN
TEORI
Bab ini berisi dasar-dasar teoritis kecerdasan buatan dan sistem pakar untuk melandasi pemecahan
masalah serta teori-teori sehubungan
dengan Wireless Aplication
Protocol (WAP) sebagai teknologi yang digunakan dalam pembuatan tugas akhir
ini.
BAB III.PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PERANGKAT LUNAK
Bab ini membahas tentang perancangan umum maupun uraian lebih lanjut
mengenai perancangan sistem dalam pembuatan perangkat lunak. Uraian perancangan
sistem ini meliputi perancangan data mengenai data input dan output sistem,
perancangan proses mengenai bagaimana sistem akan bekerja dengan proses-proses
tertentu, maupun perancangan antar muka dalam desain dan implementasi yang akan
digunakan dalam pembuatan tugas akhir ini.
BAB IV.PENGUJIAN DAN ANALISA
Bab ini menjelaskan tentang pengujian sistem secara umum maupun terperinci.
Pengujian sistem secara umum akan membahas mengenai lingkungan uji coba untuk
mengunakan sistem ini. Selanjutnya secara lebih terperinci dijelaskan dalam
pengujian baik user umum maupun admin, beserta langkah-langkah dalam uji coba
tersebut,
kemudian dianalisa kembali apakah telah sesuai dengan tujuan pembuatan pada
bab I.
BAB V. PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan